Saturday, April 30, 2011

Fu Yung Hai

Setiap kali makan di restaurant Chinese pasti ada menu yang namanya 'Fuyunghai'. Fuyunghai adalah campuran telur dengan berbagai bahan makanan lain seperti daging dan sayuran. Di negara lain, fuyunghai mempunyai namanya masing-masing. Seperti di Jepang, disebut dengan kami-tama, di Vietnam disebut dengan trứng hấp, di British dan Amerika disebut dengan egg fo young dan di Malaysia dikenal dengan nama telur bungkus. Walaupun berbeda nama dan isinya, satu hal yang pasti, bahan utamanya adalah telur.

egg fo young kani-tama

trứng hấp telur bungkus
fu yung hai

Gw inget banget, dulu gw sama sekali gak suka makan fuyunghai karena 1 hal, yaitu kebersihan. Jadi, setiap kali gw makan fuyunghai yang dibeli di restaurant, pasti ada serpihan kulit telurnya dan gw amat sangat membenci itu. Bukan apa-apa, bukannya malah menikmati rasa dari makanan, gw malah sibuk mengunyah pelan-pelan agar kulit telurnya gak kegigit, pecah, dan akhirnya gw makan. Gara-gara itu, gw mulai anti fuyunghai. Tapi pas gw lagi liburan di Bali, akhirnya gw mulai makan lagi fuyunghai dan hasilnya sama, tetap ada serpihan kulit telur. Beberapa bulan lalu gw musti buat fuyunghi di cooking club dan gw pun berpikir 'hei.. kalo di restaurant kan gak hygienis, nah kalo bikin sendiri, pasti hygienis. gak mungkin ada serpihan kulit telurnya'. Dan mulai saat itu, fuyunghai menjadi makanan utama wajib ada setiap beberapa minggu. gw mulai menjadi penggemar fuyunghai nih :))
ini dia resep yang gw dapet dr my cooking club. selamat mencoba, dijamin yahud dan hygienis!

Fu Yung Hai

Bahan:
6 butir telur
100 gr kol (iris tipis dan cincang kasar)













2 batang daun bawang (iris tipis) (karena gw gak gt suka daun bawang, jd gw pk 1 batang aja)













1 wortel (iris korek api)













300 gr daging ayam/kepiting/udang giling
5 sdm tepung terigu
2 siung bawang putih (cincang kasar)
1 sdt baking powder
ggl dan saus inggris secukupnya
setengah liter minyak goreng

Bahan saus:
8 sdm saus tomat
3 sdm saus inggris
2 sdm kecap asin
2 siung bawang putih (cincang kasar)
1 buah bawang bombay (potong memanjang)
50 gr kacang polong (gw gak pake karena gw gak suka)
2 sdm tepung maizena dan air
ggl, cuka, air secukupnya

Cara membuat:
1. Kocok telur, masukkan kol, daun bawng, wortel, daging giling, bawang putih, baking powder, ggl, dan saus inggris. Kemudian masukkan tepung terigu, aduk sampai rata.
(keliatannya serem)

2. Siapkan wajan dengan minyak yang banyak, tunggu sampai panas (menggoreng fu yung hai harus terendam semuanya). Goreng adonan fu yung hai hingga kecoklatan, angkat.

3. Saus: Tumis bawang putih dengan sedikit minyak, lalu masukkan saus tomat, saus inggris, ggl dan air lalu masak hingga mendidih.
4. Setelah mendidih, masukkan tepung maizena yang sudah dicampur air, sedikit demi sedikit, hingga kekentalan dirasa cukup, masukkan potongan bawang bombay dan kacang polong, aduk rata. Matikan api, lalu siramkan saus ke atas fu yung hai.
(sori.. gw lupa foto sausnya)

tadaa...
(blom dikasih saus)

2 comments: